Tips Membeli Mobil Bekas Jakarta yang Masih Berkualitas

Tips Membeli Mobil Bekas Jakarta yang Masih Berkualitas

Otomotif 0 Comment

Membeli mobil tidak selalu harus mengeluarkan uang banyak karena kita bisa menghemat pengeluaran dengan membeli mobil bekas Jakarta. Mobil bekas menjadi solusi bagi Anda yang memiliki budget minim. Hanya saja, Anda harus lebih jeli dalam membeli mobil bekas agar tidak mendapatkan produk rongsokan.

  • Periksa Catatan Servis

Catatan servis salah satu kelengkapan penting yang harus Anda tanyakan. Mobil yang sering diservis dengan mobil yang jarang diservis tentunya memiliki kualitas yang berbeda. Jangan lupa untuk menanyakan, dimana servis biasa dilakukan karena hal ini penting untuk antisipasi jika terjadi masalah pada mobil.

Mobil yang dirawat secara rutin biasanya memiliki kondisi dan performa yang lebih prima. Selain itu, dengan mengetahui mobil sering dirutin, maka menunjukkan jika pemiliknya rajin menjaga dan merawat kondisi mobil sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk kondisi mobil lainnya. Pastikan pula keaslian odometer mobil.

  • Periksa Bagian Eksterior Mobil

Bagian mobil yang mudah untuk diperiksa adalah bagian eksterior mobil. Periksa bagaimana bodi mobil, apakah adalah goresan atau kerusakan? Bagaimana kondisi cat mobil, apakah masih mulus atau sudah mengelupas? Jangan lupa untuk mengecek bagian kaca spion, apakah masih bagus atau sudah rusak?

Bagian lain yang tak kalah penting adalah lampu. Pastikan jika tidak ada kerusakan pada lampu dan lampu bisa berfungsi seperti biasa. Keadaan ban juga harus Anda periksa, apakah masih bagus atau sudah aus. Pada mobil bekas, mungkin Anda akan menemukan beberapa kondisi yang sudah tidak bagus.

  • Periksa Mesin Mobil

Tips membeli mobil bekas Jakarta yang berikutnya adalah melakukan pemeriksaan pada mesin mobil. Setelah Anda puas melihat-lihat bagian eksterior mobil, jangan lupa untuk memeriksa bagaimana kondisi mesin. Anda bisa mengeceknya dengan mencoba mengendarai mobil tersebut.

Apabila Anda masih ragu, Anda bisa meminta bantuan mekanik untuk melakukan pengecekan terhadap performa mesin. Bagian dalam kap mesin harus diperiksa, seperti selang-selang untuk memastikan semua beba dari korosi dan kebocoran. Periksa pula bagian oli untuk memastikan jika oli masih baik dan keadaan penuh.

  • Periksa Aksesoris dan Interior

Apabila bagian eksterior dan performa mesin sudah lolos uji, selanjutnya Anda bisa memeriksa bagian aksesoris dan interior mobil. Beberapa interior mobil dan komponen aksesoris yang wajib Anda perhatikan adalah bagian dashboard, karpet, setel AC, kualitas jok dan perhatikan pula bagian langit-langitnya.

Jangan ragu untuk mencoba duduk di jok dan mencoba fitur jok, seperti tuas penggeraknya. Cobalah untuk menarik ke belakang dan jangan lupa periksa kualitas pelapisnya. Perhatikan pula bagian kaca, lampu sein, lampu rem, lampu depan dan hazard. Apabila terdapat fasilitas audio, cobalah untuk menyalakannya.

  • Periksa Kelengkapan Surat-Surat

Tips inilah yang menjadi bagian krusial sehingga Anda wajib memperhatikannya saat membeli mobil, terutama mobil bekas. Pastikan Anda mendapatkan STNK yang asli dan BPKB. Namun, mendapatkannya saja belum cukup. Pastikan jika Anda memeriksa keaslian surat-surat tersebut.

Akan lebih baik jika Anda membeli mobil dengan STNK dan BPKB dari nama asli pemiliknya. Pastikan jika semua surat-surat berharga yang berkaitan dengan mobil akan Anda dapatkan. Kelengkapan surat berharga ini akan memudahkan Anda dalam urusan balik nama atau administrasi lainnya.

Demikian informasi mengenai beberapa tips ketika membeli mobil bekas Jakarta. Pastikan jika mobil dalam kondisi yang prima dan memiliki surat-surat yang lengkap dan asli. Jangan tergiur dengan harga yang terlalu murah karena banyak beredar mobil curian yang tentunya akan merugikan Anda jika membelinya.

Author

Leave a comment

Search

Back to Top