Rahasia Meracik Kopi Tubruk yang Enak Ala Barista

Rahasia Meracik Kopi Tubruk yang Enak Ala Barista

Kuliner 0 Comment

Kopi tubruk memang merupakan salah satu jenis kopi yang sudah tak asing lagi bagi orang Indonesia. Cara meraciknya juga tidak sembarangan demi menghasilkan kopi dengan aroma dan kepekatan yang khas. Bagi Anda pencinta kopi, sangat disayangkan jika belum mencobanya. Nah berikut rahasia membuat kopi yang enak dan lezat ala barista.

Penggilingan Kopi

Salah satu kunci utama untuk memb8at kopi yang enak dan lezat adalah proses penggilingan kopi sesaat sebelum diseduh. Terlebih lagi usah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa kesegaran kopi merupakan salah satu hal utama yang perlu diperhatikan untuk membuat kopi yang segar dan enak ala barista.

Perlu untuk diingat, untuk membuat kopi yang enak dan lezat sebisa mungkin pilihlah kopi yang belum terlalu lama disangrai. Mengapa? Pasalnya setiap detail kopi yang akan Anda nikmati tersebut sebagian besar bentuknya berupa lemak dan minyak esensial yang dapat dengan mudah menguap.

Air yang Digunakan

Agar mendapatkan cita rasa kopi tubruk yang enak dan lezat, pastikan Anda menggunakan air yang mengandung mineral. Hal ini bertujuan agar minyak esensial yang terkandung dalam biji kopi dapat terseduh secara maksimal dan optimal. Tak hanya itu saja, ternyata panas air juga dapat mempengaruhi cita rasa kopi yang akan Anda buat.

Lantas apakah harus menggunakan air mineral kemasan agar air yang digunakan benar-benar mengandung mineral dan mampu menghasilkan cita rasa kopi yang enak dan lezat? Tidak perlu demikian. Pasalnya air biasa ternyata juga sudah mendung mineral. Hanya saja untuk membuatnya menjadi non-mineral, air tersebut harus diproses terlebih dahulu.

Berbicara tentang air yang akan digunakan untuk menyeduh kopi, ternyata ada satu tips lagi yang perlu Anda perhatikan. Jika Anda menginginkan kopi dengan cita rasa yang detail maka pastikan Anda tidak menggunakan air mendidih. Namun jika ingin mengejar rasa pahit maka gunakan air mendidih. Semakin rendah temperatur air maka keasaman akan semakin keluar.

Proses Seduh Kopi

Selain air dan kopi yang digunakan, ternyata proses seduh kopi juga mampu mempengaruhi cita rasa yang dihasilkan. Proses sedih kopi yang benar agar mendapatkan cita rasa yang lebih maksimal adalah seduh selama 4 menit dan biarkan saja. Jangan diaduk ataupun diberi tambahan bahan apapun. Pastikan lakukan dengan benar agar cita rasa kopi semakin keluar.

Proses Pengadukan

Tak hanya itu saja, percaya atau tidak proses pengadukan juga akan mempengaruhi cita rasa dari kopi itu sendiri. Cara pengadukan yang benar agar cita rasa kopi semakin maksimal adalah dengan mengaduk searah jarum jam dan secara perlahan.

Memang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa arah pengadukan dan kecepatan pengadukan kopi akan memengaruhi rasa dari kopi itu sendiri. Adanya hanya pengaruh rasa kopi terhadap frekuensi dan jumlah adukan. Jadi semakin banyak kopi itu diaduk maka proses pelepasan saripati pahit dari kopi tersebut akan semakin banyak.

Selera Masing-masing Penikmat Kopi

Pada dasarnya ada banyak sekali orang yang akan menyarankan Anda untuk menikmati jenis kopi tertentu dengan teknik tertentu pula. Namun faktanya semua itu kembali pada selera masing-masing penikmat kopi. Enak atau tidaknya rasa kopi tersebut juga tergantung selera. Jadi kopi jenis apapun dari daerah mana saja jika cocok dengan lidah Anda pasti enak.

Nah di atas merupakan beberapa tips cara membuat kopi tubruk yang enak dan lezat ala barista. Pastikan Anda memperhatikan beberapa poin di atas demi menghasilkan cita rasa kopi yang lebih maksimal. Namun seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, enak atau tidaknya rasa kopi itu tergantung dengan selera masing-masing penikmatnya.

Author

Leave a comment

Search

Back to Top