Perut Terasa Mulas saat Hamil, Mungkin Tanda Kontraksi Palsu

Perut Terasa Mulas saat Hamil, Mungkin Tanda Kontraksi Palsu

Sehat 0 Comment

Setiap wanita hamil pasti akan mengalami kontraksi, baik itu palsu ataupun asli. Kontraksi palsu atau Braxton Hicks akan muncul dengan rasa kencang pada bagian perut dan kemudian bisa hilang dengan mudah. Para ibu hamil sering mengatakan kontraksi ini terjadi seperti kram perut ringan.

Rasa tidak nyaman biasanya akan menyertai ketika kontraksi terjadi, terutama ketika terjadi di perut bawah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kontraksi ini tidak memicu proses pembukaan rahim. Rasa sakita di bagian yang hampir sama seringkali membuat para ibu hamil kebingungan untuk membedakan kontraksi asli dan palsu.

Kepanikan sering dialami oleh ibu yang baru pertama mengalami kehamilan. Mereka mengira jika kontraksi yang dialaminya ini sebagai tanda kelahiran akan datang. Padahal, dengan kontraksi palsu, leher rahim sedang dipersiapkan agar proses persalinan lebih mudah nantinya.

Perut yang terasa mual menjadi salah satu gejala yang dialami oleh ibu hamil. Rasa mulas ini seringkali disertai dengan rasa kram pada perut. Selain itu, masih ada gejala lain yang muncul akibat kontraksi ini, seperti:

  1. Frekuensi dan polanya acak, tidak semakin parah, tidak bertahan lama, tidak semakin sering, terkadang menimbulkan rasa sakit, tapi terkadang juga tidak. Jaraknya sering berubah-ubah, seperti 2 menit, 6 menit, 10 menit dan lainnya tergantung masing-masing.
  2. Kontraksi mudah berhenti dan beralih, misalnya saja dengan mengubah posisi duduk, meminum segelas air putih atau melakukan pemijatan.
  3. Air ketuban tidak pecah
  4. Tidak disertai bercak darah

Kontraksi ini mungkin akan muncul selama trimester ketiga atau kedua bagi beberapa wanita. Meskipun demikian, tidak semua wanita akan mengalami kontraksi yang palsu ini. Tapi, memang sulit untuk membedakan tanda antara kontraksi asli dan palsu. Apabila Anda ragu, konsultasikan saja pada bidang atau dokter terdekat.

Salah satu cara untuk mengetahui dengan pasti apakah itu kontraksi asli atau palsu, maka Anda perlu menjalani pemeriksaan vagina. Dokter atau bidang akan mengecek apakah leher rahim sudah berubah dan siap menghadapi proses persalinan.

Apabila tidak ditemukan perubahan pada leher rahim, maka itu bukanlah kontraksi asli jadi Anda tidak perlu khawatir. Cara paling mudah untuk mengatasi kontraksi yang palsu adalah berendam air hangat, mendapatkan pijatan, minum air putih atau cara lainnya sesuai dengan kondisi masing-masing ibu hamil.

Perut mulas atau kram seperti ini memang lumrah dialami oleh para ibu hamil. Itulah mengapa dokter atau bidan seringkali merekomendasikan para ibu hamil untuk tidak malas bergerak. Paling tidak melakukan jalan santai di dalam rumah agar aliran darah lebih lancar sehingga kontraksi tidak menimbulkan rasa sakit yang amat.

Banyak hal yang memang harus diketahui oleh ibu hamil, termasuk kontraksi palsu sebelum proses persalinan agar kelahiran sang buah hati dapat terjadi dengan lancar. Untuk itu, informasi dari Orami akan bermanfaat untuk Anda menjaga kesehatan, baik sang ibu ataupun janin.

Author

Leave a comment

Search

Back to Top