Perbedaan Komunikasi Verbal dan Non Verbal Lebih Detail

Perbedaan Komunikasi Verbal dan Non Verbal Lebih Detail

Lifestyle 0 Comment

Dalam berkomunikasi Anda harus menerapkannya dengan tepat agar bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal. Dalam aktivitas Anda bisa menggunakan komunikasi verbal dan non verbal. Berikut dijelaskan dengan lebih detail tentang perbedaan komunikasi verbal dan non verbal sehingga Anda tidak salah kaprah.

Perbedaan dari Segi Pengertian

Komunikasi verbal merupakan sebuah bentuk komunikasi yang disampaikan komunikator kepada komunikan secara tertulis atau lisan. Lewat komunikasi ini pendengar lebih mudah untuk menerima pesan yang disampaikan. Di dalam komunikasinya Anda hanya perlu memilih kata-kata yang tepat agar tidak membuat pendengar menjadi tersinggung.

Adapun yang dimaksud dengan komunikasi non verbal merupakan sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan untuk mendukung komunikasi verbal. Anda yang melakukan komunikasi ini bisa menyampaikan pesan dengan lebih optimal kepada pendengar. Di mana selama berkomunikasi Anda akan menggunakan gerak tubuh, ekspresi wajah, kontak mata, bahkan sentuhan.

Perbedaan secara Teknis Penyampaian

Dalam komunikasi verbal dilakukan secara terstruktur dengan penerapan aturan-aturan tata bahasa untuk memberikan pesan dengan jelas. Berbeda dengan komunikasi non verbal yang secara teknis tidak terstruktur dan tidak ada pola-pola yang khusus. Pesan yang akan didapatkan oleh pendengar pun sesuai dengan kemampuannya dalam menganalisa komunikasi non verbal.

Perbedaan dari Tingkat Kesalahpahaman

Perbedaan komunikasi verbal dan non verbal juga bisa dilihat dari tingkat kesalahpahaman yang bisa saja terjadi. Di mana komunikasi verbal tingkat kesalahpahamannya lebih kecil dibandingkan komunikasi dengan non verbal. Hanya saja menggunakan kedua bentuk komunikasi ini sekaligus akan jauh lebih optimal untuk meminimalisir kesalahpahaman.

Perbedaan Proses Neuro-Fisiologis.

Komunikasi verbal dan non verbal juga berbeda dari proses neuro-fisiologisnya. Di mana komunikasi non verbal ditafsirkan oleh otak kiri yang akan melakukan analisis. Sedangkan komunikasi non verbal proses neuro-fisioligisnya ditafsirkan oleh otak kanan. Makanya respon dari setiap orang untuk komunikasi non verbal ini akan berbeda-beda.

Perbedaan Kecepatan

Dari segi kecepatan dalam menanggapi komunikasi verbal ataupun nonverbal pun akan berbeda-beda. Komunikasi verbal dipahami dengan lebih cepat dan tentunya lebih efisien untuk dilakukan. Berbeda dengan komunikasi nonverbal yang pastinya akan memakan waktu lebih lama dan terkadang pesan yang disampaikan tidak tepat.

Perbedaan Presensi dan Jarak

Perbedaan lainnya dari segi presensi dan jarak, di mana komunikasi verbal bisa dilakukan dalam bentuk tulisan sehingga dalam jarak jauh tetap tidak terhalangi. Anda bisa melakukan komunikasi ini menggunakan chat dengan berbagai media yang ada hari ini.

Bisa menggunakan telepon dengan lebih praktis. Berbeda dengan komunikasi non verbal tidak bisa dilakukan dengan jarak yang jauh. Anda harus saling bertatap muka untuk bisa melakukan komunikasi ini.

Perbedaan Bukti dan Dokumentasi

Dalam sebuah kebutuhan komunikasi verbal jauh lebih penting karena dijadikan sebagai bukti dan dapat didokumentasikan dalam bentuk audio. Di mana nantinya komunikasi verbal ini bertindak sebagai bentuk persuasif yang bisa dilakukan dengan mudah.

Berbeda dengan komunikasi non verbal yang tidak bisa menjadi barang bukti atau pun didokumentasikan. Komunikasi yang harus langsung bertatapan atau pendengar dan penyampaiannya harus bertemu menunjukkan harus adanya kedekatan dan keterlibatan emosi dalam komunikasinya.

Dari perbedaan komunikasi verbal dan non verbal yang telah dijelaskan di atas Anda tentu bisa mengambil kesimpulan dalam melakukan komunikasi. Keduanya mesti dilakukan secara bersamaan untuk mendapatkan capaian pesan yang tersampaikan lebih baik kepada pendengar. Hasil komunikasi yang akan didapatkan tentu saja dipengaruhi dengan cara penyampaiannya.

Author

Leave a comment

Search

Back to Top