Penyebab, Tanda, dan Cara Hilangkan Kutu Kasur

Penyebab, Tanda, dan Cara Hilangkan Kutu Kasur

Tips 0 Comment

Kebersihan merupakan hal yang penting untuk dijaga terutama di dalam rumah dan di bagian kamar. Anda harus menerapkan hidup yang bersih agar bisa tetap sehat. Jika tidak menjaga kebersihan terlebih di bagian kamar, maka akan ada kutu kasur yang muncul. Ini penyebab, tanda, dan cara mengatasi binatang yang tidak diinginkan ini.

Penyebab Adanya Kutu pada Kasur

  1. Pakaian Kotor Menumpuk

Ada kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan timbulnya kutu pada kasur yaitu kebiasaan menumpuk pakaian kotor di area tempat tidur. Hal ini terjadi karena kutu menyukai area yang kotor. Selain itu, seprei yang jarang diganti juga dapat menjadi penyebab timbulnya kutu pada kasur Anda.

  1. Kasur Tidak Dijemur

Kutu juga dapat timbul jika Anda tidak menjemur kasur secara rutin. Kondisi ini karena kasur menjadi lembap dan membuat kutu lebih mudah datang. Kasur yang tidak pernah dijemur juga berisiko menyimpan banyak bakteri di dalamnya dan ini sangat berbahaya. Tidak hanya dapat menimbulkan kutu, kasur juga bisa menjadi sumber penyakit kulit.

  1. Warna Gelap

Keberadaan kutu pada kasur akan semakin banyak jika Anda menggunakan warna yang gelap. Misalnya saja seprei sudah kotor dan berwarna gelap maka risiko kutu pada kasur akan semakin besar dan banyak. Ini terjadi karena kutu memang menyukai warna yang gelap.

  1. Tidak Digunakan

Kamar tidur yang tidak digunakan dalam waktu lama akan membuat kasur didatangi kutu. Apalagi ruangan kamar yang tidak digunakan kondisinya akan lembap dan kotor karena debu. Kutu akan semakin mudah datang dan hidup di kasur.

Tanda-Tanda Keberadaan Kutu pada Kasur

  1. Terasa Gatal

Tanda awal yang sering diabaikan atau dianggap sepal adalah saat mulai terasa gatal. Anda mengalami ini ketika tidur dan membuat tidur menjadi tidak nyaman. Rasa gatal yang dialami seperti ada nyamuk yang menggigit tetapi tidak ada.

  1. Bau Tidak Sedap

Tanda adanya kutu kasur juga dapat diketahui dengan baunya yang menyengat. Kutu memang termasuk hewan yang aktif menghasilkan feromon dari dalam tubuhnya. Bau yang dihasilkannya ini sangat mudah tercium karena sangat tidak enak. Anda yang mulai mencium kasur dengan bau seperti kaus kaki basah maka harus mulai waspada dan menemukan cara untuk mengatasinya.

  1. Bekas pada Kasur

Keberadaan kutu ini bisa Anda ketahui dengan adanya bekas berwarna hitam di kasur. Bekas ini merupakan bekas darah dari hasil santapan kutu yang sudah dicerna. Anda bisa mengetahuinya lebih jelas dengan membersihkan bekas tersebut menggunakan kain basah. Jika kotoran tidak hilang dan berbau maka sudah jelas itu bekas koloni kutu yang ada pada kasur.

Cara Mengatasi Kutu pada Kasur

Anda bisa mengatasi kutu yang ada pada kasur dengan menjaga kebersihan kamar. Gantilah seprei secara rutin dan jangan menumpuk pakaian apalagi di area kasur. Sikat bagian celah kasur yang pernah Anda temui kutu agar tidak lagi datang dan bersarang.

Cara berikutnya Anda bisa menggunakan vacuum untuk menghilangkan kutu dan telurnya dari area kasur. Semuanya akan terbawa sampai tidak ada lagi sisanya. Jika kasur tidak digunakan sebaiknya Anda menutupnya agar tidak ada celah untuk kutu masuk ke sana.

Kutu kasur memang hewan yang kecil namun berisiko buruk bagi Anda. Hindarilah penyebab yang dapat membuat kutu ada pada kasur. Jaga kebersihan di rumah merupakan langkah yang paling utama dan penting. Jika Anda membutuhkan tips tentang kebersihan yang tepat dan mudah bisa mengunjungi cleanipedia.com.

Author

Leave a comment

Search

Back to Top