Cara Terbaik Menghindari Biaya Kartu Kredit

Cara Terbaik Menghindari Biaya Kartu Kredit

Bisnis 0 Comment

Tahukah Anda bagaimana cara untuk menghindari biaya kartu kredit? Seperti diketahui setelah kita membuat kartu kredit, maka berikutnya kita pun akan memperoleh kewajiban untuk membayar biaya-biaya terkait kepemilikan kartu kredit ini.

Macam-macam biaya kartu kredit ini. Seperti biaya iuran tahunan. Memang ada kartu kredit yang memberikan gratis iuran pada tahun pertama, namun untuk tahun berikutnya pengguna harus menunaikan kewajiban ini. Dengan iuran etrsebut, pihak penerbit kartu kredit bisa memberikan pelayanan, termasuk pemberian promo dan diskon.

Biaya lainnya adalah penalti karena terlambat membayar. Besarnya denda ini sekitar 3 persen dari total tagihan. Namun ada juga yang memberikan batas maksimum.

Biaya bunga juga mungkin muncul kalau kita membeli barang secara kredit. Walupun ada juga saat promo ada kartu kredit yang memberikan cicilan nol persen.

Biaya yang juga mungkin muncul adalah biaya kelebihan limit. Kalau sampai penggunaan kartu melebihi batas, maka kita pun akan mendapatkan denda.

Ada juga yang disebut dengan biaya tarik tunai. Bunga yang dibebankan sekitar 3 sampai 6 persen kalau kita menggunakan kartu kredit untuk tarik tunai.

Lalu juga ada biaya terlambat membayar tagihan. Besarnya adalah sekitar 3 persen dari total tagihan.

Lalu bagaimana cara menghindari item biaya tersebut? Tentu ada saja caranya. Misalnya untuk iuran tahunan, kita bisa mencari kartu kredit yang gratis biaya tahunan. Dengan begitu kita akan terbebas dari kewajiban tersebut.

Lalu yang juga tak kalah pentingnya adalah dengan selalu membayar tepat waktu. Dengan begitu, tak ada denda yang akan dikenakan. So, kuncinya sebetulnya pada diri kita. Asalkan kita bisa melakukan manajemen keuangan dengan baik, maka tagihan kartu kredit bisa selalu dibayar tepat waktu.

Lalu ada juga trik yang bisa Anda coba yaitu dengan mencoba menghubungi penerbit kartu kredit. Misalnya Anda terlambat untuk membayar tagihan, Anda bisa coba kontak mereka untuk meminta biaya keterlambatan dibebaskan.

Dan hal serupa juga bisa dicoba untuk iuran tahunan. Anda bisa bertanya kepada penerbit kartu kredit Anda untuk penurunan biaya iuran maupun penghapusannya. Banyak yang sukses dengan cara ini. Anda pun bisa mencobanya langsung.

Jadi kuncinya adalah pada komunikasi. Anda bisa sampaikan alasan Anda mengapa sampai terlambat membayar tagihan misalnya. Anda bisa jelaskan misalnya karena lupa atau hal lain yang membuat Anda tidak sampai bisa membayarnya.

Dengan demikian, yang terpenting bagi konsumen adalah bersikap jujur dan terbuka. Siapa tahu nantinya pihak penerbit kartu bisa meloloskan keinginan Anda.

So, jangan malu bertanya. Cara ini juga bisa Anda lakukan misalnya saat ingin menaikkan limit kartu kredit maupun meminta bunga yang lebih rendah. Jadi, pada prinsipnya, pihak penerbit itu sangat terbuka untuk bernegosiasi. Apalagi kalau Anda termasuk nasabah yang baik dan jarang bermasalah.

 

Author

Leave a comment

Search

Back to Top