Agar Tabungan Aman, Ikuti 6 Tips Aman Transfer via ATM Ini

Agar Tabungan Aman, Ikuti 6 Tips Aman Transfer via ATM Ini

Tips 0 Comment

Pada saat sekarang ini, proses transfer uang via ATM tentu sudah bukan jadi hal yang asing lagi. Kepraktisan transfer via ATM membuatnya lebih dipilih, dibandingkan harus antre di depan teller untuk mengirim uang secara tunai. Namun, ada beberapa hal yang patut untuk Anda perhatikan dan waspadai, agar transfer uang yang dilakukan di ATM tetap terjaga keamanannya.

  1. Perhatikan Situasi di Sekitar ATM

Penting bagi Anda untuk memperhatikan situasi di sekitar booth ATM, sebelum melakukan transfer uang. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko terjadinya tindak kejahatan, saat Anda tengah melakukan pengiriman uang. Baiknya, pilih booth ATM yang dijaga oleh satpam. Selain itu, pilihlah juga ATM yang lokasinya tak terlalu sepi, serta lebih banyak dikunjungi oleh orang.

  1. Waspadai Alat Skimming di Slot Kartu ATM

Skimming merupakan bentuk pencurian data kartu ATM, dengan cara menyalin informasi yang terdapat pada strip magnetik di kartu tersebut. Tindakan ini sama saja dengan mengkloning kartu ATM Anda. Skimming bisa dilakukan dengan menempelkan alat yang berukuran kecil dan tak terlalu kasat mata pada slot ATM. Jika Anda memasukkan kartu, otomatis datanya akan tersimpan.

Nah, untuk menghindari terjadinya skimming ini, baiknya Anda perhatikan dulu tampilan slot kartu ATM tersebut. Jika slot tersebut terbilang aneh bentuknya, serta keypad yang ada di sana terlihat menonjol, lebih baik Anda cari ATM yang lain. Pencurian dana nasabah dengan cara skimming ini biasanya dilakukan di ATM yang terbilang sepi dan tak dijaga langsung.

  1. Jaga Kerahasiaan Nomor PIN ATM

Saat akan melakukan transfer via ATM, pastikan Anda menjaga kerahasiaan PIN (Personal Identification Number) ATM yang Anda punya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kebocoran PIN pada oknum yang mungkin saja sudah memantau Anda. Cara menjaga kerahasiaan PIN ini pun sangat mudah, tutupi bagian atas keypad, saat Anda tengah memasukkan PIN di ATM.

  1. Cek Informasi Tujuan Transfer

Salah transfer kerap kali terjadi, karena tak dilakukannya pengecekan ulang informasi terkait alamat transfer yang dituju. Nah, untuk menghindari hal ini, jangan lupa untuk selalu mengecek ulang nomor rekening beserta pemiliknya, yang tertera saat Anda melakukan transfer uang. Dengan begini, uang yang Anda transfer akan sukses diterima oleh si pemilik rekening tujuan.

  1. Jangan Lupa Mengambil Kembali Kartu ATM

Saat sedang melakukan transfer uang, baiknya Anda jangan sibuk dengan aktivitas lain misalnya saja seperti menelpon. Konsentrasi yang terpecah saat berada di bilik ATM, bisa membuat Anda lupa untuk mengambil kembali kartu ATM Anda. Jika kartu ATM tertinggal, bisa saja kartu tersebut tertelan atau diambil orang lain lalu malah disalahgunakan.

  1. Ganti PIN Kartu ATM Secara Berkala

Sangat disarankan untuk Anda yang punya kartu ATM, untuk mengganti PIN secara berkala. Usahakan untuk mengganti PIN, setiap satu ataupun dua bulan sekali. Penggantian PIN ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya pembobolan ATM oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Saat membuat PIN, pilihlah rangkaian nomor yang unik dan susah untuk ditebak.

Itulah tadi 6 tips yang bisa Anda ikuti, agar proses transfer via ATM yang Anda lakukan bisa berlangsung dengan aman. Selalu siaga dan pastikan kerahasiaan PIN ATM yang Anda miliki, agar jangan sampai diketahui oleh pihak lain, yang mungkin menyalahgunakannya. Jangan lupa juga untuk mengganti PIN secara berkala, agar risiko pembobolan rekening bisa dihindari.

Author

Leave a comment

Search

Back to Top