4 Cara Ampuh Membedakan Sparepart Asli atau Palsu

4 Cara Ampuh Membedakan Sparepart Asli atau Palsu

Otomotif 0 Comment

Banyaknya jumlah kendaraan yang dijual di Indonesia tentu menandakan pula tingginya kebutuhan akan suku cadang. Namun nyatanya hal ini justru dimanfaatkan oleh para oknum nakal yang menjual sparepart palsu namun sering kali mengaku bahwa produknya asli. Agar tak tertipu, berikut beberapa cara ampuh membedakan suku cadang yang asli atau palsu.

  1. Periksa Kode dan Nomor Seri

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membedakan suku cadang asli atau palsu adalah dengan memeriksa nomor seri yang ada. Pasalnya semua suku cadang yang asli dan dijual di bengkel resmi tentunya memiliki nomor seri tertentu. Terlebih lagi, nomor seri yang tercantum pada suatu barang biasanya juga akan terdaftar pada katalog resminya.

Jadi bagi Anda yang merasa ada kejanggalan dalam hal ini, maka Anda perlu waspada dan berpikir dua kali sebelum membelinya. Meski begitu perlu diingat, bahwa barang palsu atau KW belum tentu tidak dilengkapi dengan nomor seri. Untuk itu, Anda harus lebih jeli dalam memilihnya. Tampilan nomor seri pada barang palsu biasanya lebih ringkih dan mudah hilang.

  1. Periksa Juga Kondisi Kemasan

Langkah kedua yang perlu Anda perhatikan adalah memeriksa bagian kemasan sparepart dengan melihat kondisinya. Pada umumnya produk barang asli cenderung memiliki kardus yang lebih halus dan tebal. Bahkan kualitas kemasan dari produk suku cadang asli biasanya berwarna terang dan tidak kusam. Untuk itu pastikan Anda memeriksanya sebelum membeli.

Tak hanya itu saja. Bagian kemasan pada produk suku cadang asli biasanya juga dilengkapi dengan stiker hologram yang ditempel pada bagian permukaan kemasan. Nah sebelum memutuskan untuk membeli, hal paling penting yang perlu Anda perhatikan adalah bagian label stiker yang tidak mudah lepas dan logonya tercetak dengan sangat jelas.

  1. Kondisi Fisik dan Spesifikasi Barang Sesuai

Ketika hendak membeli suku cadang, hal terpenting yang tak boleh Anda lewatkan adalah memeriksa kondisi fisik dan spesifikasi suku cadang yang Anda incar. Mengapa? Pasalnya kebanyakan pengerjaan suku cadang palsu biasanya cenderung tidak sempurna. Salah satu hal yang paling jelas adalah tingkat kerapian dari barang itu sendiri.

Setelah itu, pastikan Anda juga memeriksa spesifikasi barang dengan melihat melalui website resmi. Pasalnya kebanyakan suku cadang palsu akan dibuat semirip mungkin dengan produk aslinya. Namun bahan yang digunakan tidak pernah sama. Hal yang paling umum adalah suku cadang asli dibuat dengan bahan dasar baja sedangkan suku cadang asli terbuat dari besi biasa.

  1. Tanyakan Garansi

Garansi juga merupakan poin penting yang perlu Anda perhatikan saat membedakan suku cadang asli dan palsu. Pada umumnya suku cadang asli cenderung memiliki masa garansi yang relatif lebih panjang. Lain halnya dengan suku cadang palsu yang memiliki garansi singkat atau bahkan terkadang ada beberapa juga yang tidak dilengkapi dengan garansi.

Tak hanya hal itu saja yang perlu Anda perhatikan. Selain itu, pada umumnya suku cadang asli memiliki garansi yang diberikan sendiri secara langsung oleh pihak produsen kendaraan tersebut. Sedangkan untuk produk suku cadang palsu pada umumnya hanya akan diberikan garansi dari pihak toko saja. Untuk itu pastikan Anda jeli dalam memilihnya ya.

Nah di atas merupakan beberapa cara mudah membedakan sparepartasli dan palsu. Sebelum memutuskan untuk membeli, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apakah suku cadang tersebut asli atau palsu. Jika pihak toko memberikan harga murah tanpa ada promo khusus maka patut untuk dicurigai. Selain itu pastikan Anda selalu menggunakan suku cadang asli ya.

Sumber:

Author

Leave a comment

Search

Back to Top